Tingkatkan paid ratio anda secara maksimal dengan melakukan follow-up ke semua pelanggan anda yang belum melakukan pembayaran
Untuk melakukan follow-up, klik menu “Order” di atas lalu klik sub menu “Order List”
Kemudian anda akan masuk ke halaman “Orders“, tampilannya akan terlihat seperti berikut,
Setiap baris data pelanggan/orderan memiliki tombol follow-up masing-masing, seperti berikut,
Tombol follow-up terdiri dari
- Welcome: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks selamat datang ke pelanggan & memberikan informasi detail product yang di order.
Contoh :
Selamat datang di Toko kami Kak {{name}} ☺️Kami sudah terima pesanan Kakak dengan rincian sebagai berikut,
Produk: {{product_name}}
Variasi : {{variation}}
Harga: {{product_price}}
Ongkir: {{shipping_cost}}
Total: {{total_price}}Dikirim ke:
Nama: {{name}}
No HP: {{phone}}
Alamat: {{address}}
Kota: {{city}}
Kecamatan: {{district}}Detail Info :
OrderID : {{order_id}}
Metode pembayaran yang digunakan : {{payment_method}}
Bisa Check detail order, Tracking Order/Paket & Status pembayaran disini : {{order_details_link}} - Follow-up 1: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks follow-up hari pertama atau reminder proses orderannya belum terkonfirmasi atau belum dibayar
Contoh :
[[BANK_TRANSFER]]
Hari ini mau transfer jam berapa Kak {{name}}?
Pesanan kami siapkan ya…
Kakak bisa transfer ke rekening Bank ini ya {{bank_accounts}}
[[/BANK_TRANSFER]][[E_PAYMENT]]
Hari ini mau transfer jam berapa Kak {{name}}?
Pesanan kami siapkan ya… Kakak bisa lanjutkan pembayarannya di link berikut
{{e_payment_link}}
[[/E_PAYMENT]][[COD]]
Apakah benar melakukan pemesanan produk {{product_name}} Kak? Jika ya, kami akan proses ya Kak
Ditunggu konfirmasinya
[[/COD]] - Follow-up 2: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks follow-up hari kedua atau reminder ke 2 proses orderannya belum terkonfirmasi atau belum dibayar
Contoh :
[[BANK_TRANSFER]]
Hai, Kak. Pesanan {{product_name}} Kakak hampir selesai. Silakan lanjutkan pembayarannya 😉
[[/BANK_TRANSFER]][[E_PAYMENT]]
Hai, Kak. Pesanan {{product_name}} Kakak hampir selesai. Silakan lanjutkan pembayarannya 😉
[[/E_PAYMENT]][[COD]]
Hai, Kak. Saat ini Pesanan {{product_name}} Kakak akan kami siapkan. Kami membutuhkan konfirmasi lanjutan agar bisa segera kami kirim Kak. Ditunggu ya Kak konfirmasinya 😉
[[/COD]] - Follow-up 3: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks follow-up hari ketiga
- Follow-up 4: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks follow-up hari keempat (atau kedelapan/minggu depan)
- Up-sell: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks untuk menawarkan produk lain
- Order Detail: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks detail orderan pelanggan
- Processing: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks orderan sedang diproses / pembayaran berhasil
Contoh :
[[BANK_TRANSFER]]
Pembayaran dari Kak {{name}} untuk pembelian {{product_name}} senilai {{total_price}} telah kami terima, pesanan Kakak kini kami proses ya Kak. Mohon untuk menunggu Kak 😀
[[/BANK_TRANSFER]][[E_PAYMENT]]
Pembayaran dari Kak {{name}} untuk pembelian {{product_name}} senilai {{total_price}} telah kami terima, pesanan Kakak kini kami proses ya Kak. Mohon untuk menunggu Kak 😀
[[/E_PAYMENT]][[COD]]
Terima kasih sudah konfirmasi atas pesanan barangmu {{product_name}} . Kami akan proses segera ya Kak, mohon untuk menunggu Kak 😉
[[/COD]] - Completed: Mengirimkan pesan WhatsApp yang berisi teks transaksi berhasil
Contoh :
Terima kasih Kak {{name}} sudah belanja di toko kami 🙏🏻Kakak bisa melakukan pengecekan progres pengirimannya dengan resi {{receipt_number}} pada detail order berikut ya Kak
{{order_details_link}}Ditunggu Order selanjutnya ya Kak. Jangan lupa untuk review buat kami ya Kak
Untuk melakukan follow-up, silahkan klik salah satu dari tombol follow-up, maka akan tampil pop-up yang berisi teks pesan seperti berikut,
Untuk mengirimkan pesan WhatsApp kepada pelanggan, silahkan klik tombol “Follow Up“, maka anda akan diarahkan ke web WhatsApp (pastikan anda telah login ke web WhatsApp menggunakan nomor CS anda)
Jika anda telah melakukan follow-up kepada pelanggan, tombol tersebut akan berubah warna menjadi hijau seperti berikut,
Artinya, pelanggan tersebut sudah anda follow-up di hari pertama, namun belum anda follow-up di hari kedua dan ketiga. Setelah anda melakukan follow-up di hari kedua, maka tombol follow-up akan berubah menjadi seperti berikut,
Jika anda menemukan tanda berwarna kuning seperti ini, artinya pelanggan tersebut sudah waktunya untuk anda follow-up pada hari ini.
Kini anda dapat mengetahui pelanggan mana yang belum anda follow-up dan pelanggan mana yang harus anda follow-up.
Masing-masing tombol follow-up berisi pesan teks WhatsApp secara default, pesan default tersebut dapat anda ganti sesuai dengan format anda, untuk mengganti teks defaultnya silahkan baca disini.
Jika anda memiliki pertanyaan, memerlukan bantuan atau panduan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui live chat yang tersedia dari jam 09:00-22:00 WIB dan kami akan dengan senang hati membantu anda menyelesaikan masalah anda!