Penggunaan Facebook Conversion API

Facebook Conversion API adalah fitur Pixel tracking yang dimiliki oleh Facebook Ads, yang dapat digunakan untuk meng-trigger Pixel event tertentu oleh pemilik website dari sisi server. Facebook Conversion API adalah solusi dari tracker browser tidak terbaca yang disebabkan oleh Update iOS14, AdBlocker, dan koneksi internet yang terputus.

Bagi pemilik toko online salah satu peruntukan Facebook Server-Side API ini digunakan untuk meng-trigger Pixel Event Purchase untuk orderan yang memang REAL Purchase (pembayaran telah diterima), sehingga Anda dapat melihat ROAS (Return on Ad Spend) dari iklan yang Anda jalankan.

Cara Integrasi Facebook Conversion API

  1. Buka Event Manager di Facebook Business Manager
    1. Pastikan Anda sudah memilih akun Business yang akan diintegrasikan.
    2. Pastikan Anda sudah memilih Pixel ID yang benar.
    3. Klik tab “Settings”

       
  2. Pada tab “Settings”, scroll kebawah sampai Anda menemukan bagian “Conversion API” lalu klik “Get Started” untuk melakukan setup events dan parametersnya.
  3. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik “continue”.
  4. Pilih semua standard events yang tersedia, atau silahkan pilih hanya yang Anda butuhkan, lalu klik “continue”
  5. Pilih parameter seperti pada gambar di bawah, ulangi untuk semua event yang sudah dipilih sebelumnya. Jika sudah klik “continue”.
  6. Silahkan review setup yang telah diterapkan, Jika sudah klik “continue”.
  7. Jika Anda telah melihat halaman ini artinya setup events dan parameters telah selesai, silahkan klik “Finish
  8. Jika sudah selesai Anda akan diarahkan kembali ke halaman sebelumnya, lalu klik “Generate access token


     
  9. Copy access token yang muncul



  10. Login ke app.orderonline.id 
    1. Akses menu pada profil di bagian kanan atas
    2. Klik pada menu “Settings” 




  11. Scroll ke bawah dan klik “View Settings” pada bagian “Tracking




  12. Pada halaman “Tracking” klik tombol “+ Add Facebook Server Side Tracking




  13. Paste access token yang telah Anda copy sebelumnya dari facebook ke kolom Access token (perhatikan gambar di bawah)




  14. Anda dapat memilih pada saat apa eventnya akan ditrigger. Ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan, yaitu ketika status ordernya “Processing”, “Completed”, dan ketika status pembayarannya “Paid




  15. Anda juga dapat memilih jenis value yang akan dilaporkan bersamaan event yang ditrigger. Pilihannya ada 2, yaitu “Total Price” yang berarti harga produk ditambah ongkos kirim. Atau “Product Price”  yang berarti hanya produk saja




  16. Klik tombol “Close”. Jika Anda melihat tampilan seperti gambar di bawah, berarti Facebook Conversion API sudah beres diintegrasikan.