Bagaimana kami bisa membantu Anda?

Search

E-Payment

OrderOnline telah menyediakan fitur pembayaran E-Payment untuk memudahkan anda dalam bertransaksi. Caranya adalah sebagai berikut: 

Produk

Pertama, masuk ke menu produk 

Kemudian, silakan anda pilih produk yang anda ingin atur untuk menggunakan pembayaran E-Payment 

Selanjutnya, anda akan diarahkan pada halaman details produk. Kemudian klik tombol “Edit Produk” 

Lalu, anda akan diarahkan pada halaman edit produk. Klik section di sebelah kiri yang ditandai dengan icon tiga garis, kemudian klik section “Pembayaran” 



Setelah diarahkan ke section pembayaran, terdapat 3 pembayaran yang dapat anda gunakan untuk bertransaksi di OrderOnline, yaitu Bank Transfer, COD, dan E-Payment. Kemudian, centang section “E-Payment” pada checkbox 

Setelah anda mencentang pada bagian tersebut, muncul beberapa opsi channel E-Payment yang dapat anda sesuaikan & gunakan untuk pembayaran E-Payment

  • Credit Card: Opsi pembayaran via Kartu Kredit/Debit yang berlogo Visa atau Mastercard
  • Virtual Account: (Tersedia BCA/BNI/Mandiri/Permata) akan memunculkan nomor akun virtual pembayaran sesuai channel bank yang dipilih. 
  • Gopay: Pada channel gopay, akan memunculkan QR Code pada transaksi yang dilakukan pada desktop dan redirect ke aplikasi Gojek/gopay pada mobile 
  • OVO & Dana: Baik transaksi desktop / mobile, channel OVO & Dana akan sama-sama memunculkan QR Code
  • Shopeepay: Pada channel Shopeepay akan memunculkan QR Code pada transaksi yang dilakukan pada desktop dan redirect ke aplikasi Shopee/Shopeepay pada mobile
  • Alfamart: Akan memunculkan barcode/nomor kode bayar yang bisa discan oleh pihak kasir Alfamart/Alfamidi/DanDan 
  • Biaya Transaksi: Pada transaksi yang dilakukan dengan E-Payment, terdapat beberapa ketentuan yang berlaku. Anda dapat melihat pada halaman ini untuk ketentuan biaya transaksi yang akan dibebankan kepada anda selaku seller: https://orderonline.id/epayment/#pricing

Kemudian, anda dapat mengatur “Config” pada masing-masing channel pembayaran E-Payment. Caranya adalah dengan mengklik icon settings

Kemudian akan muncul pop up untuk mengisi deskripsi pada channel pembayaran E-Payment yang dapat anda sesuaikan. Deskripsi yang anda atur akan muncul pada checkout page nantinya

Setelah anda selesai mengatur pembayaran dengan E-Payment, silakan klik “Perbarui Produk” 

Setelah itu, silakan anda masuk ke checkout page pada produk yang telah anda atur pembayaran E-Payment. Pengaturan yang telah anda lakukan akan muncul pada checkout page, seperti config yang telah anda atur akan menjadi seperti di bawah ini 

Storefront

Selain mengatur pembayaran E-Payment pada produk, anda juga dapat mengaturnya pada storefront

Pertama, klik menu “Channel” kemudian sub-menu “Toko” 

Kemudian anda akan diarahkan pada halaman store builder. Klik menu “Pengaturan toko” dan sub menu “Payment” 

Sama seperti mengatur pembayaran E-Payment pada produk, beberapa opsi channel terdapat E-Payment yang dapat anda sesuaikan & gunakan untuk pembayaran E-Payment. Namun, pada pengaturan pembayaran E-Payment di storefront, anda tidak dapat mengatur config seperti pada produk. Setelah selesai mengatur, klik tombol “Simpan” pada pojok kanan bawah 

Checkout Page

Selain itu, anda dapat mengatur teks untuk pembayaran E-Payment di halaman sukses. Caranya adalah kembali ke product details dan pada section checkout page klik tombol “Edit” 

Selanjutnya akan masuk ke checkout page, kemudian klik halaman sukses

Klik tombol section dan klik tombol “Body Text” di bagian ini, anda dapat mengatur teks per masing-masing metode pembayaran. 



Silakan anda klik “E-Payment” kemudian untuk teksnya anda dapat mengatur kembali sesuai keinginan anda. Jika sudah, silakan scroll ke bawah dan klik “Update form” 

Jika sudah, silakan scroll ke bawah dan klik “Update form” 

General Settings

Anda dapat mengatur status orderan E-Payment pada pengaturan umum / general settings

Pertama, klik foto profile anda kemudian klik “Pengaturan”

Kemudian, anda akan diarahkan ke halaman pengaturan. Scroll ke bawah lalu anda akan menemukan section “Pengaturan Umum” lalu klik tombol “Lihat Pengaturan” 

Setelah masuk ke halaman pengaturan umum, scroll ke bawah dan anda akan menemukan section “Pengaturan E-Payment”. Pada section ini, anda akan menemukan opsi “Status Berubah” dan “Aktifkan Logistik” 

  • Status Berubah: pada opsi ini, anda dapat mengatur status orderan anda jika buyer sudah membayar melalui metode E-Payment secara otomatis. Terdapat 3 pilihan, yaitu diproses, selesai, dan jangan diubah. Contoh, jika anda memilih “Diproses”, maka status orderan buyer yang telah membayar melalui metode E-Payment akan secara otomatis berubah menjadi “Diproses” 
  • Aktifkan Logistik: opsi ini dapat anda gunakan centang apabila anda ingin menerbitkan resi otomatis dari OrderOnline dan ongkir akan otomatis terpotong 

Jika sudah selesai mengatur pada section pengaturan E-Payment, silakan anda klik tombol “Simpan” 

Video E-Payment

Untuk mulai menggunakan silahkan simak tutorial berikut,

Pembayaran melalui E-Payment akan dikenakan Transaction Fee & Tax 10% (untuk channel tertentu). Untuk detail Transaction Fee-nya dapat dilihat pada halaman ini

Silahkan simak video tutorial berikut untuk penjelasan lengkapnya, serta penjelasan mengenai integrasi dengan fitur Logistic untuk pengiriman paket NON COD,

Jika anda memiliki pertanyaan, memerlukan bantuan atau panduan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui live chat yang tersedia dari jam 09:00-22:00 WIB dan kami akan dengan senang hati membantu anda menyelesaikan masalah anda!

Table of Contents