OrderOnline.id menyediakan fitur expenses untuk memudahkan anda dalam proses pencatatan pengeluaran biaya. Misalnya seperti, biaya listrik, karyawan, bonus karyawan. Caranya adalah sebagai berikut:
Klik menu “Lainnya” di atas, kemudian sub menu “Pengeluaran”
Kemudian, anda akan diarahkan pada halaman pengeluaran. Pada halaman ini, terdapat beberapa section, yaitu pengeluaran barang, total pengeluaran, dan total pengeluaran otomatis
Dalam fitur expenses, terdapat 2 opsi yang dapat anda sesuaikan untuk menambahkan pengeluaran. Yaitu pengeluaran manual & otomatis
Pengeluaran Manual
Jika anda ingin mencatat pengeluaran anda secara manual, klik tombol “Tambah pengeluaran”
Kemudian, akan muncul pop up information berisikan beberapa kolom yang harus anda isi
- Nama (kolom wajib): judul pengeluaran yang anda keluarkan. Misal, biaya cetak
- Jumlah (kolom wajib): jumlah biaya pengeluaran yang ingin anda catat
- Produk: anda dapat memilih opsi produk sebagai keterangan bahwa biaya yang anda keluarkan adalah terkait dengan produk tertentu
- Catatan: dapat anda isi dengan catatan terkait pengeluaran biaya
- Tanggal pengeluaran: anda dapat menyesuaikan tanggal sesuai dengan kapan anda mengeluarkan biaya
- Tags: anda dapat mengisi kategori pengeluaran biaya dengan cara mengetik di kolom tags dan klik “Enter” pada keyboard anda, secara otomatis kolom akan terisi
Ketika sudah selesai, silakan klik “Submit”
Kemudian, catatan biaya pengeluaran yang telah anda lakukan akan muncul pada list pengeluaran seperti di bawah ini
Pengeluaran Otomatis
Selain bisa menambahkan pengeluaran secara manual, anda juga dapat menambahkan pengeluaran otomatis, yang berkaitan dengan iklan yang sedang anda jalankan. Untuk dapat menambahkan pengeluaran otomatis, anda harus pastikan akun OrderOnline anda sudah terintegrasi dengan akun facebook yang anda gunakan dalam proses beriklan.
Apabila anda sudah integrasikan orderonline anda dengan akun facebook, berikut adalah cara menambahkan Pengeluaran Otomatis di OrderOnline.id
Pertama, klik tombol “Pengeluaran otomatis” yang berwarna hijau
Kemudian, akan muncul pop up information berisikan beberapa kolom yang harus anda pilih / sesuaikan.
- Sumber: anda dapat memilih sumber pengeluaran otomatis anda. Untuk saat ini, hanya facebook ads saja yang sudah terintegrasi dengan fitur otomatis expenses OrderOnline
- Produk: anda dapat memilih opsi produk sebagai keterangan bahwa biaya yang anda keluarkan adalah terkait dengan produk tertentu
- Ad Account: pada bagian ini silahkan adan pilih akun iklan yang anda miliki dari akun Facebook yang sudah anda integrasikan dengan orderoline
- Campaign: pada bagian ini anda bisa memilih kampanye dari akun iklan yang sebelumnya sudah anda tentukan jika sendang ada kampanye yang dijalankan
- Include tax: centang check box jika anda ingin biaya pajak iklan anda terhitung dalam pengeluaran otomatis anda
Setelah selesai melakukan pengaturan pengeluaran otomatis, klik “Submit”
Kemudian, list pengeluaran biaya otomatis akan muncul pada tombol “List pengeluaran otomatis”
Anda juga bisa cek list histori pengeluaran otomatis yang akan muncul secara terjadwal pada bagian pengeluaran seperti di bawah ini

Video Pengaturan Fitur Expenses
Silahkan tonton video berikut untuk tutorial cara penggunaan fitur Expenses
Jika anda memiliki pertanyaan, memerlukan bantuan atau panduan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui live chat yang tersedia dari jam 09:00-22:00 WIB dan kami akan dengan senang hati membantu anda menyelesaikan masalah anda!